Bagi kalian yang suka impor dari marketplace-marketplace China seperti Alibaba, 1688, Taobao, dan yang lainnya, pasti kalian juga pernah mendengar kan marketplace yang bernama “Tmall”? Lalu, apa marketplace Tmall itu? Apa saja kelebihannya dibandingkan dengan marketplace-marketplace yang lainnya? Nah maka dari itu, simak penjelasannya di bawah ini!
Tmall merupakan anak perusahaan dari Taobao yang didirikan dengan target utama dari pasarnya adalah B2C atau Business to Consumer. Tmall sendiri didirikan pada tahun 2008 di bawah naungan Alibaba Grup. Sampai saat ini, Tmall telah menjadi platform e-commerce terbesar yang mampu meraih mayoritas pangsa pasar di China sendiri. Bahkan, jika dilihat berdasarkan lalu lintasnya, Tmall berada di peringkat teratas sebagai platform yang paling banyak dikunjungi di China.
Lalu, apa saja keunggulan Tmall dibanding marketplace yang lain?
- Yang pertama, mekanisme pembelian di Tmall yang familiar. Tmall menggunakan infrastruktur Taobao dan sistem pembayaran Alipay yang sudah sangat familiar bagi para pengguna. Hal ini membuat mereka merasa terbiasa dengan layanan dan mekanisme pembelian yang sudah mereka gunakan selama bertahun-tahun lamanya.
- Yang kedua, Tmall hanya menerima toko-toko terpercaya. Berbeda dengan Taobao, Tmall hanya menerima toko-toko besar yang sudah terverifikasi. Hal ini memberikan kepercayaan dan jaminan konsumen bahwa produk yang mereka beli merupakan produk original.
- Yang ketiga, banyak diskon menarik. Untuk menarik perhatian pelanggan, Tmall sering menawarkan diskon menarik dari waktu ke waktu. Selain itu, para pelanggan juga bisa menikmati sistem poin yang dapat ditukarkan ketika mereka akan melakukan check out.
- Yang keempat, di Tmall tersedia pengiriman internasional. China telah berhasil memperkuat hubungannya dengan negara-negara lain, sehingga hal ini memungkinkannya untuk berdagang ke berbagai penjuru dunia. Keuntungan tersebut juga pada akhirnya membantu Tmall untuk lebih mudah menjangkau lebih banyak pelanggan dari luar China.
Selain keunggulan, ini dia beberapa barang yang dijual di Tmall, diantaranya adalah sebagai berikut.
- Pakaian dan produk fashion. Sejauh ini, pakaian dan produk fashion menghasilkan penjualan tertinggi di Tmall. Mulai dari merek-merek mewah seperti Louis Vuitton, Calvin Klein, Chanel, dan Nike hingga merek berkualitas yang lebih terjangkau seperti Uniqlo bisa kalian temukan di Tmall.
- Skincare dan kosmetik. Sama halnya seperti produk fashion, berbagai brand skincare dan kosmetik asing seperti L’Oreal, Lancome, dan Kiehl’s memiliki popularitas yang tinggi di Tmall karena dianggap sebagai produk kelas atas yang berkualitas.
- Aksesoris elektronik. Karena pesaing terbesar Tmall yaitu JingDong, mengkhususkan diri menjual produk-produk elektronik, Tmall lebih fokus pada penjualan aksesori elektronik dan peralatan elektronik sekunder lainnya.
- Furnitur. Beragam furnitur dengan desain modern memiliki peminat yang cukup banyak di Tmall. Salah satu produk yang menjadi penjualan utama pada segmen ini adalah sofa ruang tamu, di mana pada tahun 2019 pangsa pasarnya mencapai hingga 38%.
- Mobil. Selain produk fashion, kecantikan, dan juga peralatan rumah tangga, produk-produk unik seperti mobil impor mewah dari Lamborghini dan Mercedes juga dijual di Tmall.
Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai Tmall. Tmall merupakan salah satu e-commerce B2C yang menawarkan pasar yang andal, di mana kalian bisa membeli produk-produk original dari brand langsung tanpa perlu merasa khawatir akan mendapatkan produk palsu. Jika kalian tertarik untuk mengimpor barang dari Tmall, Indochine Makmur Indonesia adalah layanan jasa import China yang siap membantu kamu. Pengen tahu info lebih lengkapnya? Hubungi sekarang juga!