Banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai seorang pebisnis, termasuk menjadi seorang pebisnis import, entah itu merupakan profesi sampingan atau utama. Banyak strategi yang dilakukan untuk mendapatkan profit yang besar. Sebagai salah satu strategi untuk memperluas bisnis yang dijalankan oleh para pebisnis import di Indonesia adalah dengan mencari tahu mengenai peluang pasar impor barang yang dapat meningkatkan nilai profit. Beberapa strategi yang biasa dilakukan oleh para pebisnis import adalah sebagai berikut.
Salah satu strategi yang biasa dilakukan oleh pebisnis import Indonesia adalah bergabung dengan komunitas import. Hal ini akan membantu pebisnis import untuk mencari tahu barang-barang apa saja yang memiliki keuntungan lebih besar untuk dijual atau diperdagangkan kembali di pasar Indonesia. Selain itu, bergabung dengan komunitas import juga biasanya dikenakan biaya, yang mana biaya tersebut disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan oleh komunitas import. Tidak hanya itu, kegiatan yang dilakukan saat bergabung dengan komunitas import sangatlah penting dalam memahami pasar secara global, terutama dalam memanfaatkan marketplace impor yang menguntungkan bagi pebisnis import. Namun, satu hal yang harus Anda pastikan terlebih dahulu sebelum bergabung dengan sebuah komunitas import, yaitu kredibilitas komunitas import tersebut. Untuk memastikan kredibilitas komunitas import, Anda bisa melihat-lihat dari anggota-anggota yang ada pada komunitas tersebut, apakah mereka benar-benar telah memiliki keuntungan yang besar atau tidak.
Sebagai seorang importir, salah satu hal yang harus Anda pastikan dalam proses pengiriman barang dari negara tujuan adalah bukan hanya sekedar untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah, melainkan pastikan juga bahwa barang tersebut dapat memberikan keuntungan dalam jangka waktu panjang. Memilih negara asal impor barang sangat penting dilakukan untuk melihat keuntungan dagang yang diperoleh, seperti dalam penentuan jenis produk yang akan dibeli, jumlah kuantitas produk, kualitas produk, lama pengiriman dari negara tersebut, sampai dengan prosedur-prosedur importnya.
Tentunya, sebagai pelaku usaha kita harus memaksimalkan segmentasi pasar yang akan menjadi tujuan kita, karena segmentasi tersebut berhubungan dengan perilaku konsumen dalam membeli barang yang kita jual. Produk atau barang import yang akan dijual kembali di pasar Indonesia dapat melalui pertimbangan kondisi perkembangan kebutuhan dan minat masyarakat, seperti misalnya memilih barang yang sedang tren saat ini atau musiman, memilih barang yang benar-benar selalu dibutuhkan atau barang yang selalu menjadi kebutuhan pokok masyarakat, atau memilih barang bagi kalangan penghobi (kolektor).
Langkah startegi yang bisa dilakukan oleh seorang pebisnis import adalah dengan memahami prosedur pengiriman yang telah ditetapkan. Selain itu, perlu juga diketahui beberapa poin untuk mempermudah barang sampai, seperti misalnya memahami proses penentuan biaya pengiriman perdagangan masing-masing negara, memilih jasa import dengan biaya yang terjangkau, melakukan asuransi pada barang import dan memahami prosedur bea cukai.
Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencari peluang bisnis di pasar impor. Untuk mendapatkan peluang bisnis salah satunya seperti yang telah disebutkan pada poin ke empat yaitu memilih jasa import dengan biaya yang terjangkau bagi Anda. Dan selain biaya yang terjangkau, Anda juga pastikan bahwa layanan jasa import tersebut benar-benar dapat memberikan kemudahan bagi Anda dan menjamin barang Anda aman dan sampai dengan selamat.