Anda yang saat ini ingin memulai jualan online atau yang sudah mulai jualan online, atau mungkin Anda yang sudah lama berjualan online akan tetapi produk yang Anda jual belum juga ada pembelinya, Anda pasti ingin produk yang Anda jual laku keras bukan? Maka dari itu, sebelum Anda menentukan produk apa yang ingin Anda jual, Anda perlu mencari tahu mengenai produk apa yang paling trend atau dibutuhkan oleh masyarakat. Bagaimana caranya? Caranya adalah Anda melakukan riset produk. Dengan melakukan riset produk, maka Anda akan tahu produk apa saja yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat, produk apa saja yang sedang tren di masyarakat, apakah produk tersebut banyak pesaingnya, juga apakah harga yang ditawarkan cukup bersaing untuk menarik konsumen. Tapi, bagaimana caranya melakukan riset produk? Berikut kami rangkum lima cara melakukan riset produk untuk jualan Online untuk Anda.
Apa Itu Riset Produk Dan Mengapa Penting Bagi Bisnis Online?
Riset produk adalah proses mencari suatu informasi tentang suatu produk bisnis, baik dari sisi harga, kualitas, dan juga persaingannya. Tujuan dari riset produk adalah agar Anda mengetahui produk mana yang akan Anda jual, serta cara terbaik untuk menjual dan mengembangkan produk tersebut.
Kalau dijabarkan lebih lanjut, riset produk dilakukan untuk mencari tahu tiga hal berikut:
Apakah penting melakukan riset produk untuk bisnis online? Penting sekali. Menggunakan informasi yang Anda kumpulkan dari riset produk, Anda dapat menyusun strategi penjualan yang efektif. Dengan riset produk yang baik, Anda akan terhindar dari kerugian. Karena, Anda akan lebih memahami kebutuhan konsumen sehingga menjual produk yang mereka butuhkan. Selain itu, Anda juga akan lebih mengerti bagaimana Anda harus bersaing dengan penjual lainnya.
Misalnya, Anda ingin menjual botol minum. Maka Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah trend penjualan botol minum secara online cukup tinggi. Dengan riset produk ini, Anda akan tahu apakah konsumen membutuhkan botol minum atau tidak. Selain itu, Anda akan mengetahui juga botol minum jenis apa yang paling diminati oleh masyarakat, juga dengan kisaran harganya, target pasarnya, serta konten iklan seperti apa yang dapat digunakan untuk menarik konsumen.
Cara Melakukan Riset Produk Untuk Jualan Online
Cara melakukan riset yang pertama adalah dengan memanfaatkan Google Tren, yaitu sebuah tool yang menunjukkan seberapa sering suatu topik dicari di Google. Nah, karena Google sendiri adalah mesin pencari yang mendominasi dengan lebih dari 92% di seluruh dunia, maka hasil riset Anda tentu akan jauh lebih tepat. Google tren dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda mencari dan mempelajari sebuah topik. Mulai dari lokasinya, rentang waktunya, kategorinya, hingga jenis pencariannya. Ini dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui kepopuleran produk yang ingin Anda jual sesuai target pasar Anda.
Cara riset produk berikutnya adalah dengan melakukan survei produk yang sedang laris di berbagai marketplace. Misalnya, Anda ingin melakukan riset produk di Shopee. Pertama, yang Anda lakukan adalah membuka situs Shopee melalui browser atau aplikasi di ponsel Anda. Di halaman utama Shopee, Anda dapat menemukan kolom Pencarian Populer dan Produk Terlaris. Akan tetapi, hasil Pencarian Populer dan Produk Terlaris dapat berubah sewaktu-waktu, jadi Anda perlu benar-benar mengikuti perkembangannya dulu sebelum benar-benar terjun ke bisnis tersebut. Riset produk di marketplace masih bisa Anda lanjutkan sesuai kebutuhan.
Produk lain dari Google yang dapat Anda gunakan dalam riset produk adalah Keyword Planner. Dengan tool ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang:
Cara menggunakan Google Keyword Planner, Anda cukup mengetikkan keyword produk yang ingin Anda jual pada kolom pencarian.
Biasanya, sebuah produk yang penjualannya tinggi atau sedang trending akan banyak diulas oleh konsumennya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan riset produk. Dengan melihat review, Anda akan mendapat informasi kualitas suatu produk sesuai review para penggunanya. Testimoni dari para pembeli dapat Anda bandingkan dengan deskripsi iklan yang dibuat oleh penjual. Langkah riset produk seperti ini terutama cocok untuk Anda yang berniat menjadi reseller produk tertentu. Jadi, Anda bisa memutuskan apakah sebuah produk layak untuk dijual sebagai bagian dari bisnis Anda. Namun, riset suatu produk melalui review juga bisa menjadi sarana untuk menemukan keunggulan dan kekurangan produk kompetitor bagi Anda yang menciptakan produk sendiri. Dengan informasi yang didapatkan, Anda dapat menyusun strategi bagaimana membuat produk Anda lebih baik daripada milik kompetitor.
Itulah keempat cara riset produk untuk jualan online yang bisa Anda coba. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan semoga jualan Anda laris.